Banker on Writing

Ketika menulis adalah kebutuhan : katarsis, belajar dan berbagi

PETUAH RONGGOWARSITO


Sore ini saya "jalan-jalan" ke Anand Ashram Online (www.anandkrishna.org). Di situ, saya menemukan sebuah "ingatan" ketika saya duduk di kelas 3 SMA. Ketika saya masih imut (halah!), dan menjadi pelajar yang ikut kursus bimbingan belajar di Gama '88 Purworejo.

KESADARAN adalah MATAHARI
KESABARAN adalah BUMI
KEBERANIAN menjadi CAKRAWALA
dan PERJUANGAN adalah PELAKSANAAN KATA-KATA

(Pujangga Ronggowarsito)


Pertama kalinya, saya "bertemu" kata-kata itu di setiap sampul modul yang diberikan oleh sang instruktur yang sekaligus pemilik bimbel itu. Ketika itu, dengan kemampuan interpretasi yang minimal, saya belum bisa mengerti makna di sebaliknya.

Kini, meski kemampuan interpretasi itu belum beranjak jauh dari kemampuan terdahulu, setidaknya saya mulai bisa mencernanya. Setidaknya saya mulai mengerti, seberapa pentingnya KESADARAN, seberapa urgennya KESABARAN, dan seberapa besar arti dan nilai KEBERANIAN.

Dan tentang PERJUANGAN, saya mulai paham, sungguh tak mudah MELAKSANAKAN KATA-KATA. Termasuk "kata-kata" yang selama ini saya rangkai di tulisan-tulisan, termasuk "kata-kata" yang selama ini tertumpah di blog ini...

Do'akan saya, karena saya tengah berjuang.


Salam,

Fajar S Pramono

Ilustrasi : upload.wikimedia.org

2 komentar:

pa kabar mas? apakah sudah menyalip di tikungan lagi hehehe

 

Halo, Tik!
Kabar baik. Alhamdulillah.

Soal "menyalip di tikungan", ya jelang dos... eh, jelas dong! Masa' jelas pun! Hihihi...

Setidaknya, sekarang aku lebih rajin ngeblog dibanding kamu! Hahaha.. Iya kan? Mau alasan apa lagi?! Hayo!

Novelmu sudah siap terbit? :)