Banker on Writing

Ketika menulis adalah kebutuhan : katarsis, belajar dan berbagi

KEBETULAN, KEYAKINAN, TAKE ACTION


Seorang pria berbaju hijau tampak sangat gembira begitu namanya disebut sebagai peserta talk show yang berhak atas hadiah 500 ribu rupiah. Plus penggantian harga buku senilai 50 ribu. Total, 550 ribu.

Bagaimana tidak? Ia adalah pembeli "terakhir", persis sebelum talk show dimulai, dan persis sebelum pengundian dilakukan!

Ketika ditanya sang pembicara, sang pria berbaju hijau itu menjawab dengan jujur, bahwa ia membeli buku karena adanya "iming-iming" hadiah, dan memang SANGAT YAKIN bahwa ia akan meraihnya.

***

Kisah yang saya ceritakan barusan terjadi di acara Talk Show "Your Great Success Starts from Now!" di Gramedia Matraman, Sabtu sore ini. Sang speaker adalah Bapak Thomas Sugiarto, yang sekaligus merupakan penulis buku dengan tajuk yang sama. Talk show tersebut saya ikuti secara tak sengaja, karena niat saya datang ke toko buku yang kabarnya terbesar di Asia Tenggara itu adalah untuk mencari alat-alat tulis untuk anak-anak. (tapi, kalo Anda duduk, ikut beli buku, trus khusyuk menyimak isi acara sampai tuntas selesai, itu namanya "sengaja", Mas! -- Red)

Saya memang sedang tidak ingin berkisah soal materi talk show itu sendiri. Saya hanya ingin bertutur tentang undian, dan kisah para pemenangnya.

Tentang undian, alkisah, persis sebelum acara dimulai, diumumkan bahwa pembeli buku di acara tersebut berhak mengikuti undian berhadiah uang, dengan menuliskan namanya di nota pembelian, dan kemudian memasukkannya ke dalam sebuah toples.

***

Pengundian hadiah kedua --kali ini sebesar 1,5 juta rupiah-- dilakukan di tengah-tengah acara. Untuk "intermezo". Mungkin.

Siapa pemenangnya? Seorang perempuan berjilbab, yang mengaku SANGAT YAKIN akan menerima hadiah serupa begitu melihat pria berbaju hijau tadi benar-benar sudah memegang uang hadiah! Ia mengaku "terinspirasi" oleh pemenang pertama, dan akhirnya TAKE ACTION dengan membeli buku Pak Thomas di tengah acara yang masih berlangsung.

***

Di luar rencana, pada akhir sessie Pak Thomas kembali menggelar undian. Pada saat itu, ada sebuah kejadian menarik. Pemenangnya adalah seorang pria berkacamata, satu-satunya peserta talk show yang dengan SANGAT YAKIN menuliskan kata-kata "PASTI DAPAT!" di bawah rangkaian tulisan namanya!

***

Luar biasa menurut saya. Dan saya tidak akan mengklaim apapun. Tidak akan menyimpulkan apa-apa.

Saya hanya akan mengajak Anda merenung : apakah semua itu hanyalah sebuah "KEBETULAN", ataukah semua itu terjadi karena adanya "KEYAKINAN" yang kuat sekaligus pilihan sikap untuk "TAKE ACTION" (dhi. : 'membeli buku')?


Salam,

Fajar S Pramono


Ilustrasi : Kanji Luck Symbol (www.luckyicons.com)

0 komentar: