Banker on Writing

Ketika menulis adalah kebutuhan : katarsis, belajar dan berbagi

TERNYATA, MEMANG HANYA DUA PERSEN!


Judul posting ini, sengaja saya buat bombastis. Sekalian juga, untuk mengingatkan pada postingan akhir bulan lalu (31/10). Bahwa ternyata, saya menemukan "testimoni" lain tentang fenomena 2%, yang bahkan lebih "parah" daripada prinsip Pareto 80:20 itu.

Lebih parah? Iya dong, karena dalam "teori" 2%, perbandingannya tidak lagi 80:20, tetapi menjadi 100:2. Artinya, seluruh peluang yang sesungguhnya tersedia untuk 100 orang, pada akhirnya hanya diperoleh oleh 2 orang yang "berhasil".

"Testimoni" itu saya temukan di buku Raise You Up yang ditulis oleh Hendrik Lim, M.B.A. Di halaman 9 buku itu tertulis "Dalam dunia life insurance, umumnya hanya sekitar dua orang dari 100 orang "peserta lomba" yang sampai ke garis finish, sisanya berguguran di tengah jalan, demikian juga dalam dunia direct selling lainnya."

Cukilan di paragraf selanjutnya : "Premis ini juga berlaku dalam bidang apa pun dalam kehidupan ini, baik itu sebagai penyanyi, pemain sepak bola, pencipta musik, engineer, ahli komputer perancang software, dokter kulit, pengacara, pendeta, arsitek dan lain-lain. Selalu ada satu dua orang dari antara seratus orang yang kebanjiran order dan kelebihan permintaan, sehingga mereka memasang harga tinggi untuk menekan permintaan. Sementara itu, yang lain malah menurunkan harga untuk merangsang permintaan. Terdengar aneh?"

So, tantangan untuk menjadi yang "dua persen" itu semakin nyata. Anda berani?


Salam,

Fajar S Pramono


Ilustrasi : Vilfredo Pareto 1848-1923, dari www.ehcweb.ehc.edu.

0 komentar: