Banker on Writing

Ketika menulis adalah kebutuhan : katarsis, belajar dan berbagi

BIG JOBS


"Pekerjaan besar biasanya diserahkan kepada orang yang membuktikan kemampuannya untuk mengatasi pekerjaan-pekerjaan kecil." (Ralph Waldo Emerson)

Di tengah tumpukan pekerjaan, pikiran bisnis, kesibukan atas kepercayaan warga dalam kegiatan sosial di kompleks, dsb, kata-kata Emerson terasa nendang banget.

Pekerjaan rutin dan "kecil" sebenarnya. Tapi,justru anggapan yang "mengecilkan" pekerjaan seperti inilah yang seringkali membuat kita tidak maksimal, seadanya, bahkan tak sedikit pula yang terkesan "asal".

"Penggampangan" atas tugas-tugas kecil memang banyak menjadi "karakter" manusia. Padahal seharusnya, yang kecil dan remeh temeh itu pun dikerjakan dengan sepenuh hati, dengan maksimal.

Pada kenyataannya, perjalanan kita untuk "membesar", merupakan kumpulan proses-proses "kecil". Prediksi kemampuan kita untuk mengerjakan hal-hal besar, bisa dilihat potretnya manakala kita mengerjakan hal-hal yang kecil.

Rasanya, tidak saatnya lagi kita berkomentar, "Alah, hanya kayak gitu. Gampang lah..."; "Keciiil.. dua menit juga selesai!".

Pernahkah Anda membuktikan bahwa sekian waktu lamanya, pekerjaan "kecil" itu bahkan tidak Anda selesaikan? Atau, kalaupun selesai, hasilnya "biasa-biasa" saja?

Dari pengalaman itu, saya sependapat dengan Emerson : hanya dengan mengerjakan hal-hal "kecil" secara baik, maka kita "berhak" untuk mengerjakan hal-hal yang besar.


Salam pencerahan,

Fajar S Pramono

0 komentar: